Headlines News :
LSO Tours & Travel, Jl. Dr. Cipto 27. Sumbawa Besar. West Nusatenggara - Indonesia, Phone : +62 371 625193, Mobile +62 81916037919, +62 85333222343, Email : lomboksumbawaoverland@yahoo.com, takwasajidin@yahoo.com
Home » » TENTANG SUMBAWA

TENTANG SUMBAWA

     Kabupaten Sumbawa sebagai salah satu daerah dari sembilan kabupaten/kota yang berada di wilayah Propinsi Nusa Tenggara Barat terletak di ujung barat Pulau Sumbawa, pada posisi 116" 42' sampai dengan 118" 22' Bujur Timur dan 8" 8' sampai dengan 9" 7' Lintang Selatan.
     Kabupaten Sumbawa memiliki luas wilayah 6.643,98 Km². Topografi Kabupaten Sumbawa cenderung berbukuit-bukit dengan ketinggian berkisar antara 0 hingga 1.730 meter diatas permukaan air laut, dimana sebagian besar diantaranya yaitu seluas 355.108 ha atau 41,81 persen berada pada ketinggian 100 hingga 500 meter. Sementara itu ketinggian untuk kota-kota kecamatan di Kabupaten Sumbawa berkisar antara 10 sampai 650 meter diatas permukaan laut. Kecamatan Batu Lanteh Kecamatan yang tertinggi.
     Kabupaten yang lebih dikenal dengan moto Sabalong Samalewa ini berbatasan dengan Kabupaten Sumbawa Barat di sebelah barat, Kabupaten Dompu di sebelah timur, Laut Flores di sebelah utara dan Samudra Indonesia di sebelah selatan. Sabalong Samalewa artinya serasi atau simbang fisik dan mental spiritual.

     Jarak tempuh antara ibu kota kabupaten ke kota-kota kecamatan rata-rata 45 km. Kota kecamatan terjauh yaitu Kecamatan Tarano dengan jarak tempuh 103 km.
     Daerah Kabupaten Sumbawa merupakan daerah yang beriklim tropis yang dipengaruhi oleh musim hujan dan musim kemarau. pada tahun 2008 temperatur maksimum mencapai 35,5ºC yang terjadi pada bulan Oktober dan temperatur minimum 20,4 º C yang terjadi pada bulan Juli. Rata-rata kelembaban udara tertinggi selama tahun 2008 mencapai 88% pada bulan Pebruari dan terendah mencapai 66% pada bulan Agustus dan September,serta tekanan udara maksimum 1.010,7 mb, minimum 1.006,4 mb. Arah mata angin terbanyak adalah SE (tenggara) dengan kecepatan tertinggi sebesar 21 knot/detik yang terjadi pada bulan Pebruari.
     Adanya gejala alam seperti elnino yang melanda sebagian wilayah Indonesia termasuk Kabupaten Sumbawa, berpengaruh terhadap banyaknya hari hujan dan curah yang terjadi sepanjang tahun 2008.Dibandingkan dengan tahun sebelumnya jumlah hari hujan terlihat lebih sedikit yaitu sebnyak 102 hari dengan hari hujan terbanyak terjadi pada bulan Pebruari sebanyak 19 hari yaitu sebesar 293,2 mm.
    Sebagian besar Pulau Sumbawa dikenal dunia sebagai salah satu daerah penghasil tambang emas dan mineral terbesar di negara ini. Bagian barat Pulau Sumbawa yaitu di Kabupaten Sumbawa Barat terdapat terdapat salah satu investasi asing exploitasi tambang terbesar di Indonesia oleh PT. Newmont Nusa Tenggara (PT. NNT), hingga merambah bagian tengah pulau dengan wilayah tambang yang semakin melebar sampai menyentuh wilayah lain yaitu kabupaten Sumbawa dan Dompu. Pemerintah Sumbawa menyebut tanah ini "Samawa Intan Bulaeng" yang artinya Sumbawa Intan dan Emas dalam bahasa Daerah Sumbawa.
     Sementara, sektor pariwisata, yang justru dapat membangun keseimbangan ekologi dan pendapatan, yang menyentuh hingga pengelolaan masyarakat dari organisasi terkecil dengan pemeliharaan lingkungan, kearifan lokal, dan ekonomi kreatif, mulai digalakkan di tahun 2011 dengan kebijakan perintah untuk melebur kabinet Indonesia dari departemen kebudayaan dan pariwisata menjadi departemen pariwisata dan ekonomi kreatif di masa kepemimpinan Presiden Indonesia Bapak Susilo Bambang Yudhoyono.
     Besarnya potensi alam daratan dan lautan kabupaten Sumbawa yang eksis di tiap-tiap daerah perkecamatan yang dapat diperhitungkan bahkan pada skala dunia, belum dikelola sepenuhnya hingga menyentuh pada obyek sektor riil dan non riil.

Share this article :

0 komentar:

Poskan Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Maskolis | Johny Portal | Johny Magazine | Johny News | Johny Demosite
Copyright © 2011. DUNIA SUMBAWA - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website Inspired Wordpress Hack
Proudly powered by Blogger