Headlines News :
LSO Tours & Travel, Jl. Dr. Cipto 27. Sumbawa Besar. West Nusatenggara - Indonesia, Phone : +62 371 625193, Mobile +62 81916037919, +62 85333222343, Email : lomboksumbawaoverland@yahoo.com, takwasajidin@yahoo.com
Home » » PAMULUNG DESA BUDAYA

PAMULUNG DESA BUDAYA


    
 Disebut Desa Budaya karena Pemulung adalah gudang tradisi budaya dan kesenian budaya Sumbawa. Pemulung sesungguhnya hanyalah sebuah dusun dalam wilayah Karang Dima dengan Keragaman Tradisi yang menyihir. Disini kita akan menjadi saksi betapa kearifan lokal magis masih kental di tanah Samawa. Sandro adalah sebutan untuk seorang yang memiliki kemampuan supranatural yang akan menancapkan sakak. Sakak adalah sebutan untuk sebilah tongkat tujuan finish Barapan Kebo.







Sebuah pertunjukan yang terjadwal saat tiba musim tanam - pada bulan Januari atau Februari - yang menghenyakkan, saat sepasang kerbau - yang dikendalikan seorang joki yang juga diback- up pula oleh seorang Sandro yang lain -  berlari kencang menuju saka, kemudian menyimpang tak berdaya oleh kesaktian Sang Sandro Sakak yang terus- menerus menanamkan "mantera pengalih" pada kerbau dan joki agar tak mampu mencapai sakak (tongkat finish). Disinilah kemudian Sang Sandro mengalunkan kemenangannya dalam syair sesumbar khas Sandro Tau Samawa. Barapan Kebo, bukanlah kerbau adu cepat, melainkan ajang para Sandro adu mantera.







     Tradisi kesenian lain yang menarik adalah Barempuk atau tinju bebas ala sumbawa, Karaci (pertarungan menggunakan stik rotan besar), Barukuk (Gulat Tradisional Sumbawa), tari-tarian dan musik khas Sumbawa serta prosesi adat perkawinan ala Sumbawa yang unik. Dusun Pemulung juga dikenal dengan penghasil tenun tradisional Sumbawa.

 


Share this article :
 
Support : Creating Website | Johny Template | Maskolis | Johny Portal | Johny Magazine | Johny News | Johny Demosite
Copyright © 2011. DUNIA SUMBAWA - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website Inspired Wordpress Hack
Proudly powered by Blogger