Headlines News :
LSO Tours & Travel, Jl. Dr. Cipto 27. Sumbawa Besar. West Nusatenggara - Indonesia, Phone : +62 371 625193, Mobile +62 81916037919, +62 85333222343, Email : lomboksumbawaoverland@yahoo.com, takwasajidin@yahoo.com
Home » » DESA TEPAL - KEUNIKAN DAN KEINDAHANNYA

DESA TEPAL - KEUNIKAN DAN KEINDAHANNYA


Adalah Desa di Puncak Tertinggi Sumbawa Besar. Anda akan dibuai oleh desa terpencil yang unik yang dihuni oleh Masyarakat dengan pola kehidupan tradisional yang mengandalkan hasil alam dan perkebunan kopi. Desa Tepal namanya. Desa yang menyimpan keunikan, sejarah dan keindahan. Salah satunya bisa dilihat dari sebuah situs Batu Tulis yang terletak di sebelah barat Desa Tepal berjarak kurang lebih 2 jam perjalanan kaki dengan melewati hutan dan medan perbukitan. Tepal memiliki air terjun tiga tingkat dan kolam alami yang cukup luas untuk anda membenamkan diri di dalam air paling "membius" adrenalin kebahagiaan anda untuk berenang di Sumbawa.
     Rumah-rumah penduduk yang menampilkan khas rumah Suku Sumbawa adalah pemandangan unik yang membuat anda seperti memasuki atmosfer yang berbeda dari tempat lain yang pernah anda kunjungi. Kekhasan desa ini, berikut lumbung-lumbung beratap alang-alang sebagai tempat penyimpanan hasil pertanian, berjejer rapi tak jauh dari pemukiman penduduk. Desa ini merupakan salah satu tempat yang bertahan saat letusan Gunung Tambora.

Masyarakat Tepal hidup di lereng Gunung Batu Lanteh di ketinggian 847 meter dari permukaan laut, fenomena alam tak terpisahkan dengan perilaku hidup mereka. Alkisah, tetua adat atau pemangku adat desa Tepal, masih menyisakan cerita betapa ikatan masyarakat tepal dengan kepercayaan orang-orang pegunungan Sumbawa masih sangat terjaga. Eksistensi upacara adat pijat perut atau rapesat, masih diadakan di desa "isolatif" ini. Rapesat ditujukan mengakhiri kejadian luar biasa, seperti mendung di musim panas, sebagai pertanda bahwa ada perawan di desa tersebut yang hamil di luar nikah. Maka rapesat harus diadakan, sebagai ritual kaum Tamang atau dukun beranak untuk memeriksa perut para gadis yang hilang kesucian dan hamil karena umbar hawa nafsu, nista dan harus dinikahkan tanpa upacara atau malu dan pergi dari desa mereka yang damai dan sakral.



     Jangan bermimpi untuk dapat tidur santai didalam kendaraan anda saat menuju desa di jalan-jalan yang licin, terjal, curam dan menukik diantara lereng dan jurang Tepal.

Jarak Tempuh
Perjalanan 67 kilometer menuju selatan kota Sumbawa Besar
Waktu Tempuh
Kurang lebih 4 jam berkendara dari Sumbawa




Share this article :
 
Support : Creating Website | Johny Template | Maskolis | Johny Portal | Johny Magazine | Johny News | Johny Demosite
Copyright © 2011. DUNIA SUMBAWA - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website Inspired Wordpress Hack
Proudly powered by Blogger